Senin, 26 September 2011

Penutup Luka

Ilustrasi Penutup Luka

Adapun topik Pertolongan Pertama yang kita bahas adalah Penutup Luka. Tindakan ini sangat penting dalam mengatasi terjadinya luka terbuka atau perdarahan luar.

Secara defenisi Penutup Luka adalah suatu bahan yang diletakkan tepat di atas luka, mempunyai daya serap baik, ketebalan 2-3 cm, ukuran cukup besar untuk menutupi seluruh permukaan luka dan dapat mencegah keluar masuknya udara sehingga kelembaban organ dalam terjaga pada korban.
Penutup luka ini memiliki fungsi penting dalam mengatasi perdarahan yang terjadi pada luka luar yaitu;
  1. Membantu mengendalikan perdarahan.
  2. Mencegah terjadinya kontaminasi lebih lanjut.
  3. Mempercepat penyembuhan.
  4. Mengurangi rasa nyeri.
Sebagai awam atau masyarakat biasa tentunya masih bingung apa yang dapat dijadikan sebagai bahan penutup luka, apalagi jika melihat darah yang keluar dari luka terbuka yang dialami korban sangat banyak. Mungkin saja teman-teman akan sedikit panik dan kebingunan melihat hal itu sehingga proses Pertolongan Pertama terlambat dan dapat membahayakan nyawa korban.

Kalau hal di atas yang teman-teman temukan maka tidak perlu untuk panik atau bingung, tutuplah segera luka tersebut dengan bahan yang relatif bersih sebagai contoh adalah kasa steril atau kain bisa juga bahan lainnya yang dapat menyerap darah yang keluar dari luka sekaligus menghentikan perdarahan.

Ingat teman, jangan menggunakan bahan yang mudah melekat pada luka seperti kapas, tisu dan lain-lain serta perhatikan kalau menggunakan bahan penutup luka yang mengandung obat. Baca dahulu etiket yang ada pada bahan sebelum menggunakannya.

Itu saja dipagi hari ini yang dapat saya bagi tentang ilmu Pertolongan Pertama dengan teman-teman sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar